Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Background dan tulisan di Command Prompt Berbeda

Mengubah tampilan pada command prompt - Jika kalian pernah atau bahkan sering menggunakan command promt pasti kalian tak asing lagi dengan warna latar belakangnya yaitu hitam, dan secara default tulisan teksnya berwarna putih. Dimana command prompt ini merupakan sebuah program yang digunakan untuk menjelajah windows dengan perintah DOS (Disk Operating System). Perintah-perintah pada command prompt bisa dilakukan secara online maupun secara offline. Sehingga banyak perintah yang dapat kita lakukan dengan menggunakan Command prompt.

Namun pasti ada saatnya kalian merasa bosan atau jenuh dengan warna tampilan default pada command prompt. Dan kalian berkeinginan merubah warna background command prompt maupun tulisannya agar terkesan menarik dan berbeda. kita dapat mengubah command prompt dengan background dan warna teks nya tanpa harus menginstall software lain. Karena cukup dengan melakukan setting command prompt nya saja. Maka dari itu simak baik-baik langkah-langkah dibawah ini:

Baca juga - Cara memperbaiki file yang corrupt dengan perintah CMD

Cara mengubah tulisan dan background pada command prompt :

  • Langkah pertama yaitu buka command prompt, dengan cara klik start kemudian ketikkan CMD pada kotak pencarian. Atau bisa juga dengan menekan tombol keyboard windows+R
  • Setelah itu kemudian klik kanan pada title bar command prompt, kemudian pilih properties. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini.
cara mengganti warna background dan tulisan pada command prompt

  • Selanjutnya pilih tab colors, silahkan pilih warna sesuai dengan keinginan kalian, dan disini kalian bisa merubah tampilan command prompt mulai dari screen background, screen text, popup text, dan popup background. Jika sudah maka klik ok.
Untuk lebih jelasnya mengenai langkah ini, kalian bisa lihat pada gambar berikut ini.
cara mengubah tampilan pada command prompt agar lebih berbeda

  • Selesai. Sekarang kalian lihat perbedaannya. Dan sebagai contoh hasil nya akan seperti pada gambar dibawah ini.
cara mudah mengubah tampilan di command prompt

Oke mungkin itulah cara membuat tampilan pada command prompt menjadi berbeda dengan cara mengubah warna background dan tulisan di command prompt. Cukup mudah bukan? dan kalian bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah di jelaskan diatas.
Sekian postingan artikel kali ini semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Artikel menarik lainnya :