Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menggabungkan Video dan Subtitlenya Menjadi Satu file

Kamu hobi nonton film? jika iya pasti mengenal apa itu subtitle pada film kan. Subtitle merupakan sebuah teks yang menerjemahkan bahasa yang ada pada sebuah film atau video. Jika bahasa yang digunakan pada film berbahasa inggris dan kamu tidak menguasai bahasa inggris, tentunya kamu tidak akan mengerti apa yang sedang dikatakan para tokoh film tersebut dan bayangkan saja apakah enak nonton film tapi kita tidak tau maksud atau perkataan yang ada dalam film tersebut?. Maka dengan adanya subtitle kita akan dipermudah dalam memahami maksud atau perkataan yang ada pada sebuah film. Namun jika kalian sudah paham dari bahasa atau perkataan dalam film atau video. Maka tanpa menggunakan subtitle pun tidak lah menjadi suatu masalah.

Dan pada tips kali ini kita akan membahas bagaimana cara menggabungkan film dan subtitlenya menjadi satu file secara permanen. Jika kalian mendownload film dengan subtitle yang terpisah kalian bisa menggabungkan antara subtile dengan film menjadi satu file. Sehingga saat kamu menonton kembali film tersebut tidak perlu repot-repot untuk memasukkan subtitlenya lagi. Dan apabila subtitle terpisah dari film terkadang dalam melakukan pemutaran film di Smartphone, di televisi, maupun dvd player terkadang bisa juga tidak terbaca. Tentunya hal ini membuat kamu merasa jengkel dan kesal jika terjadi hal yang seperti itu. Apalagi jika kalian mendownload subtitle nya tidak dimasukkan ke dalam satu folder bersama dengan filmnya maka kalian harus pusing-pusing mencari subtitle filmnya. Maka dari itu alangkah baiknya kita melakukan pemutaran film yang subtitle nya sudah menjadi satu file dengan videonya. Dan untuk caranya pun cukup mudah kalian membutuhkan sebuah software bernama MKVToolnix. Silahkan kunjungi situs resminya jika ingin mendownloadnya.

Berikut ini cara untuk menggabungkan antara subtitle dengan film menjadi satu file :

  • Buka aplikasi MKVToolnix
  • Selanjutnya kamu klik pada tombol add
cara untuk menggabungkan film dan subtitle nya menjadi satu file

  • Kemudian pilih film yang video nya terpisah dengan subtitle yang sudah kalian siapkan.
  • Lanjutkan dengan pilih video dan subtitlenya dengan cara tekan dan tahan ctrl+klik video dan subtitle. Jika sudah kemudian klik open. Sebagai contoh kamu bisa lihat pada gambar yang ada dibawah ini.
menggabungkan subtitle dan film menjadi satu file dengan MKVToolnix

  • Mulai penggabungan antara film dan subtitlenya dengan mengeklik start muxing. Seperti pada gambar yang ada dibawah ini.

tips menonton film
  • Jika sudah, selanjutnya klik oke. Lihat gambar tampilan dibawah ini.
menyatukan film dan subtitle secara permanen menjadi satu file

  • Selesai. Video atau film tersebut akan tampil atau tersimpan pada folder dimana kamu menyimpannya tadi. Dan selamat menikmati film atau videonya yang didalamnya langsung ada subtitle nya.
menonton film yang lansung ada subtitlenya


Dan menariknya lagi dengan menggunakan aplikasi MKVToolnix ini, adalah cara nya sangat mudah dan cepat teman-teman.
Oke mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kali ini tentang cara menggabungkan film dan subtitle nya menjadi satu file. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannaya.


Artikel menarik lainnya: