Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Jenis Perintah Command Prompt/CMD Yang Sering di Gunakan

Command prompt - Baik kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu Command Prompt atau yang lebih kita kenal dengan istilah CMD.
Command Prompt adalah jenis perintah dari windows yang digunakan untuk menjalankan sebuah perintah dan bisa diakses secara online maupun offline.
Jenis perintah ini bisa dibilang cukup berguna karena kita bisa memanfaatkannya misalnya mengakses data, memindah file dan mengganti nama dan lainnya.

Cara masuk menu CMD/Command Prompt adalah :
  1. Klik start
  2. Masuk pada kolom pencarian dengan mengetikkan CMD
  3. kemudian Enter

Dan disini akan dibahas beberapa jenis command prompt yang sering digunakan dan juga sebaiknya kita ketahui dari sekian banyaknya jenis perintah command prompt karena bisa dibilang sangatlah berguna.

1.ipconfig

Ip configuration

Jenis perintah ini bisa kita gunakan untuk mengetetahui sebuah alamat sebuah ip komputer yang sedang kita gunakan atau mengetahui secara detail jenis jaringan yang sedang kita akses saat ini. Dan jenis perintah ini hanya bisa digunakan jika kita terhubung dalam sebuah jaringan internet. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.

2.ping terhadap alamat situs


Ping dengan cmd

Jenis perintah ini sering digunakan jika kita akan mengetahui sebuah lalu lintas yang terhubung dengan sebuah situs, apakah mengalami sebuah masalah atau tidak. Dan dengan perintah ini juga berguna untuk mengatasi masalah konektivitas jaringan. Misalnya kita akan melakukan ping terhadap situs facebook contohnya anda sering sekali mengalami time out pada situs ini maka kalian bisa cek dengan perintah ping terhadap situs facebook ini. Langsung dengan mengetikkan perintah 'ping facebook.com' tanpa tanda petik. Seperti pada gambar dibawah ini.

3.ipconfig/flushdns

ipconfig/flushdns

Berfungsi untuk menyegarkan DNS dan membersihkan cache. Ini berfungsi sebagai penghemat waktu saat anda mengakses alamat DNS yang sama. DNS itu sendiri adalah singkatan dari Domain Name System. Yang berfungsi sebagai sistem yang menyimpan informasi mengenai nama host ataupun nama domain.



4.Sfc/scannow

Sfc/scannow

Berfungsi untuk memeriksa atau melakukan scan terhadap masalah pada suatu file system Jika ada suatu sistem atau file yang rusak maka fitur ini akan mengatasi dan memperbaiki masalah tersebut. Dibawah ini adalah tampilannya.





5.Cipher/menghapus direktori secara permanen

Cipher

Maksud dari Menghapus direktori secara permanen yaitu biasanya saat anda menghapus suatu file namun file masih ada atau bertahan di suatu disk. Sehingga dengan fitur ini anda bisa memastikan tidak akan ada lagi yang file yang sudah dihapus akan kembali atau pulih. Perintah ini bisa dibilang lebih efektif tanpa bantuan software pihak ketiga. Untuk menggunakannya tentukan drive dan ketikkan perintah cipher /w:c. Seperti pada gambar dibawah ini.

6.Netstat-an/melihat daftar koneksi jaringan dan port yang digunakan


Netstat-an

Fitur atau perintah ini sangat berguna, misalnya anda terhubung dengan sebuah alamat ip yang sama sehingga nanti anda akan bisa melihat berbagai macam statistik jaringan yang digunakan dan akan menampilkan semua jaringan yang terhubung beserta nama port nya. Lihat gambar dibawah ini.


Itulah 6 jenis perintah command prompt yang sering digunakan yang bisa kalian coba. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, terimakasih.

Postingan lainnya :