Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Video Yang Kita Upload Di Instagram Story Tidak Terpotong Atau Tanpa Crop

Jika pada postingan artikel sebelumnya telah membahas tentang cara melihat Insta Story orang lain di instagram tanpa ketahuan. Namun pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai cara upload video di instagram story tanpa crop. Kalian bisa membandingkan saat mempunyai sebuah video kemudian kalian ingin mengupload video nya sebagai story di instagram, pastinya video yang telah kalian upload tersebut akan terlihat berbeda hasilnya dari video pada aslinya. Karena memang video tersebut akan mengalami yang namanya crop atau pemotongan bagian tepi video.

Berbeda dengan saat kalian mengupload video tersebut sebagai story di whatsapp. Pada whatsapp story, video yang kita upload bisa sepenuhnya terupload dengan ukuran yang asli atau tanpa adanya crop. Sebagai perbandingannya kalian bisa lihat pada gambar yang ada di bawah ini.

Cara Upload Video Di Instagram Story Tanpa Mengalami Crop Atau Terpotong

Dengan adanya crop video di instagram tentunya hal seperti ini sangat disayangkan bukan?. Karena tentunya hal ini akan menjadikan video yang kita upload di IG atau instagram menjadi tidak maksimal karena video yang kita jadikan sebagai story instagram tidak dengan ukuran yang sepenuhnya. Akan tetapi ternyata ada kabar baik mengenai hal itu karena pihak instagram sendiri akan berencana menambahkan fitur yang mirip dengan yang ada di story whatsapp yaitu apabila kita upload video story, tidak akan terpotong lagi atau tanpa mengalami crop.

Nah, bagi kalian yang mungkin sudah tidak sabar untuk menunggu fitur itu yang entah kapan munculnya. Maka sebenarnya kalian bisa saja membuat video di instagram story tanpa crop. Lalu bagaimana caranya agar video yang kita jadikan sebagai story di instagram tidak di crop atau terpotong?. Karena memang dengan adanya crop video di story instagram membuat video tersebut tidak tampil maksimal. Dan untuk caranya kalian bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Berikut ini cara upload video ke instagram story tanpa crop :


  • Pertama-tama silahkan kalian download dan install aplikasi yang bernama Inshot melalui google playstore. Dan untuk tampilannya kalian bisa lihat pada gambar berikut ini.
cara upload video ke instagram story tanpa crop

  • Jika sudah, selanjutnya buka aplikasi tersebut. Kemudian lanjutkan dengan mengeklik gambar video. Seperti yang terlihat pada gambar yang ada di bawah ini.
cara membuat video di instagram story tanpa crop

  • Langkah selanjutnya silahkan kalian masukkan video dari gallery yang akan dijadikan story di instagram supaya tidak mengalami crop.
  • Kemudian jika sudah maka klik tanda ceklis. Seperti pada gambar screenshot di bawah ini.
aplikasi untuk edit video di instagram story tanpa crop

  • Selanjutnya kalian edit ukurannya menjadi PAS, pada rasio pilih yang 9:16. Kemudian jika sudah dan untuk menyimpannya maka tekan tanda ceklis. Untuk lebih jelasnya kalian bisa dengan melihat gambar di bawah ini.
cara agar video yang kita upload di instagram story tidak di crop

  • Atur juga untuk LB buram nya pilihan ini untuk mengatur transparasi atau jika tidak kalian bisa nonaktifkan saja warna latar belakangnya. Setelah itu klik ceklis.
cara mengatasi agar video di insta story tidak terpotong atau tanpa crop

  • Langkah selanjutnya klik simpan. Dan kemudian pilih kualitas video dengan resolusi yang kalian inginkan. Semakin tinggi resolusi video maka akan semakin bagus kualitas video kalian. Lihat pada gambar yang ada di bawah ini.
cara untuk upload video di instagram storie tanpa crop atau terpotong

  • Jika video sudah berhasil kalian simpan silahkan mulailah mengupload video tersebut sebagai story di instagram. Dan coba cek dan lihat hasilnya sebelum di edit dan sesudah di edit menggunakan aplikasi inshot. 
Cara mengupload video ke instagram story tanpa mengalami crop


Jadi sudah jelas bukan video tersebut setelah kita edit menggunakan aplikasi inshot maka akan bisa kita jadikan sebagai storie di instagram tanpa adanya crop video. Jadi video tersebut akan tampil maksimal dengan ukuran yang sesuai dengan yang aslinya.


Oke mungkin itu saja pembahasan tentang cara upload video di instagram story tanpa crop. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian. Dan jangan lupa untuk share juga ke teman kalian yang lainnya agar mereka juga dapat untuk mengetahuinya juga. Terimakasih atas kunjungannya dan selamat mencoba.