Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Screenshot Di Layar Laptop Dengan Cepat Dan Mudah

Tidak hanya pada smartphone saja kita dapat melakukan screenshot atau tangkapan layar, namun pada layar komputer atau laptop pun juga bisa dilakukan dengan mudah. Dalam meng screenshot di layar laptop tentunya memiliki suatu maksud tersendiri untuk membuat gambar mengenai aktifitas di layar komputer. Seperti jika kalian membuat tutorial atau cara-cara pada sebuah blog misalnya, maka mengambil screenshot di layar adalah hal yang memang harus dilakukan. Karena dengan adanya screenshot, maka tentunya dapat memudahkan kita untuk menjelaskan suatu langkah-langkah yang kita lakukan pada suatu kegiatan tertentu.

Dengan melakukan screenshot pada aktifitas di layar laptop juga memudahkan kita dalam mendapatkan informasi dengan jelas dan kita dapat menyimpannya dengan praktis. Karena kalian tidak perlu mem foto aktifitas layar laptop menggunakan kamera hp atau kamera digital untuk menyimpan suatu informasi dalam bentuk gambar. Disamping itu screenshot juga memudahkan seseorang untuk mengetahui atau memahami maksud dari suatu kegiatan. Karena hasil gambar screenshot juga akan terlihat jelas, sekalipun di zoom maka gambar screenshot tidak akan pecah.

Jadi sebenarnya banyak cara untuk melakukan screenshoot dilayar komputer tanpa harus download aplikasi pun sebenarnya bisa dilakukan. Namun cara tersebut bisa dibilang membutuhkan waktu yang lebih lama dan tidak efektif karena perlu bolak-balik masuk aplikasi sana-sini. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan berbagi informasi mengenai cara tercepat melakukan screenshot dilayar komputer atau laptop. Karena pada cara ini kita bisa menangkap aktifitas layar di area dekstop yang ingin kita ambil. Selian itu kita juga bisa langsung mengedit hasil screenshotnya. Seperti dengan menambahkan keterangan tulisan, dan tools lainnya.

Makin penasaran seperti apa cara melakukannya?. Maka dari itu simak baik-baik pada ulasan di bawah ini.


Baca juga - Cara setting laptop agar tidak mati saat layar di tutup.


Cara meng screenshot di layar laptop dengan cepat dan mudah :


  • Pertama-tama kalian harus download terlebih dahulu aplikasi yang bernama lightshot pada situs resminya melalui browser kalian. Dan untuk kali ini saya melakukannya menggunakan windows. Maka disini saya download untuk windows.
Cara Screenshot Di Layar Laptop Dengan Cepat Dan Mudah

  • Setelah itu silahkan install aplikasi nya seperti biasa dan tunggu sampai proses installasi selesai.
  • Jika sudah, silahkan kalian lakukan screenshot pada desktop kalian dengan melakukan klik pada area yang di pilih dengan tombol PRT SCN atau Print Screen pada tombol keyboard. Maka tampilannya akan terlihat seperti dibawan ini.
cara tercepat melakukan screenshot atau tangkapan layar pada laptop

  • Jika mau di edit lebih dulu maka gunakan dengan tools yang tersedia. Dan untuk menyimpannya silahkan tekan ctrl+s pada keyboard atau ikon save pada tools yang tersedia. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini.

Aplikasi untuk meng screenshot aktifitas layar di laptop dengan cepat


  • Dan hasil tangkapan layar/screenshoot kalian secara default akan tersimpan pada document-linghshoot.

Oke, itulah tadi cara screenshot di layar laptop/komputer dengan cepat dan mudah. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian. Dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman kalian yang lainnya agar mereka juga dapat mengetahuinya juga. Terimakasih dan sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya.


Artikel Menarik Lainnya :