Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Lokasi dan Tempat Sendiri di Google Maps

Cara menambahkan lokasi tempat sendiri di google maps - Jika kalian sering menggunakan google maps untuk membantu mencari lokasi atau tempat, pastinya dengan menggunakan google maps ini maka semakin mempermudah bukan untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Bahkan sekarang ini hanya dengan kalian menyuarakan kata-kata saja mengenai sebuah lokasi atau tempat saja maka google maps langsung mengarahkan ke lokasi yang di inginkan.

Banyak fitur-fitur menarik yang ditawarkan di aplikasi google maps ini yang tentunya memiliki maksud untuk memudahkan para pengguna aplikasi maps ini. Seperti di google maps sekarang ini yang sudah dilengkapi dengan foto atau gambar suatu tempat sehingga akan memberikan gambaran dan suasana lokasi tersebut.


Apakah kalian pernah berpikir tentang cara untuk menambahkan sebuah lokasi atau tempat yang kalian inginkan di google maps? Sehingga orang lain yang ingin menuju tempat kalian akan dapat dengan mudah di temukan oleh nya. Hal itu tentu saja bisa kita lakukan dengan menggunakan fitur baru yaitu My maps. Dengan fitur ini kita bisa menambahkan lokasi baru di google maps sesuai yang kita inginkan dengan cepat dan mudah.

Seperti misalnya kalian baru membangun suatu tempat untuk lahan bisnis seperti cafe, toko, bengkel, tempat usaha ataupun rumah tinggal sendiri. Dan kalian ingin menambahkan lokasi tersebut ke google maps agar dapat orang lain temukan dengan mudah. Kini kalian bisa saja menempatkan titik lokasi dan juga nama tempat kalian tersebut ke google maps. Sehingga dalam pencarian lokasi atau tempat dapat ditemukan secara cepat.

Nah, hal ini juga bisa dibilang sebagai bentuk upaya dalam penunjang bisnis. Karena bisa menjadikan sebuah cara efektif untuk menambah pengunjung dan juga mendatangkan pelanggan karena dengan adanya lokasi yang terlihat profesional, maka tentunya dengan adanya informasi lokasi akan memudahkan pelanggan untuk dapat mengetahui tentang informasi bisnis kalian. 

Berikut ini cara untuk menambahkan lokasi atau tempat sendiri di google maps dengan android :


  • Pertama-tama kalian download dan install aplikasi google my maps melalui google playstore. 
  • Setelah itu kemudian buka aplikasi nya.
  • Kemudian pilih setuju dan lanjutkan.
Cara Menambahkan Lokasi dan Tempat sendiri di google maps

  • Selanjutnya silahkan tulis judul untuk lokasi kalian. Jika sudah lalu tekan oke.

menambahkan lokasi baru di google maps



  • Kemudian lanjutkan dengan memilih tombol + pada sudut kanan bawah, jika sudah akan muncul seperti gambar dibawah ini.
cara menambahkan tempat di google maps android
  • Langkah selanjutnya yaitu tekan tombol + lagi dan pilih tambahkan titik baru. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat melalui gambar di bawah ini.
menambahkan lokasi atau tempat dengan google my maps

  • Kemudian tempat kan titik kedalam lokasi tempat kalian, kalian bisa lakukan zoom untuk menempatkan secara lebih jelas titik lokasi tersebut. Dan jika sudah lalu klik lokasi tersebut. Dan tampilannya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.
cara menambahkan lokasi di google maps android

  • Kemudian lanjutkan dengan menuliskan nama dan deskripsi lokasi kalian dengan jelas. Kemudian jika sudah selesai pilih centang pada sudut kanan atas. Seperti pada gambar screenshot di bawah ini.

cara membuat lokasi tempat di google maps

  • Selesai. Kini tempat atau lokasi kalian akan muncul pada google maps. Seperti contoh lihat pada gambar di bawah ini.
cara menambahkan lokasi tempat di google maps


Oke mungkin itulah cara menambahkan lokasi atau tempat sendiri di google maps. Semoga dengan adanya pembahasan di atas, akan dapat bermanfaat bagi kalian. Dan jangan lupa untuk share juga informasi ini ke teman kalian yang lain agar mereka juga dapat mengetahuinya dan tentunya juga akan semakin bermanfaat. Terimakasih dan selamat mencoba.

Artikel Menarik Lainnya :