Cara Memberi Password Pada Microsoft Word Dengan Mudah
Cara Memberi Password Di Microsoft Word - Microsoft word merupakan sebuah program yang berperan terhadap
pengolahan kata buatan microsoft yang sangat
populer, hampir sebagian orang mengetahui program bawaan dari microsoft yang menjadi
satu paket menjadi mikrosoft office ini. Sejak dibangku sekolah kita pasti sudah
diajarkan jenis program pengolah kata ini. Dan microsoft telah mengalami banyak
perkembangan dari tahun ketahun. Justru dengan metode perkembangannya kita sebagai pengguna menjadi lebih mudah
dalam pengoperasiannya.
Bagi kalian yang hobi menulis, membuat artikel atau membuat document akan terbilang mudah dengan bantuan program microsoft word ini. Namun dibalik itu semua, kita sudah seharusnya mengetahui bagaimana cara melindungi data-data yang tersimpan dalam microsoft word ini dengan aman. Salah satunya yaitu dengan menggunakan keamanan password sehingga data yang kita anggap penting/rahasia tidak seenaknya saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Misalnya saja saat kita bekerja di instalasi perkantoran
dengan penggunaan komputer yang bersamaan, yang mana jika data-data kita tidak
diamankan atau tidak diproteksi dengan aman, bisa saja ada orang yang jail bisa menggunakan data kita untuk dicopy paste dengan seenaknya saja. Nah oleh karena itu dalam microsoft word terdapat sebuah fitur yang mana fitur ini berfungsi untuk memprotect atau melindungi document dengan kata sandi atau
password dengan tujuan melindungi data-data yang dianggap penting ataupun yang bersifat rahasia.
Jadi dengan adanya fitur ini nantinya kita akan diminta
memasukkan password atau kata sandi terlebih dahulu ketika file atau
data kita saat membukanya. Mungkin sebagian orang jarang yang mengetahui
cara ini yang mana memilih mencari software tambahan untuk menginstall aplikasi guna untuk memprotect file. Namun setelah kalian membaca postingan artikel ini diharapkan dapat menambah pengetahuan yang dapat bermanfaat, jadi tidak perlu kalian mencari software tambahan untuk
memprotect file ini, cukup dengan
memanfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh Microsoft itu sendiri.
1. Buka document kalian dan buat document yang akan diberi password.
2. Tekan CTRL+S atau save as lalu beri nama jenis document kalian dan letakkan dimana file akan disimpan.
3. Sebelum tekan save, kalian harus pilih menu tools yang letaknya sebelah kiri dari menu save. Seperti pada gambar dibawah ini.
4. Kemudian pilih menu general options. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
5. Selanjutnya setelah pilih general
options, kalian beri password sesuai dengan yang kalian inginkan. Setelah itu kalian akan diminta mengkonfirmasi memasukkan password kembali seperti yang
pertama anda masukkan, setelah itu klik ok dan save. Dibawah ini adalah gambar tampilan general options.
6. Coba kalian buka kembali document yang sudah disave
tersebut, pasti nanti akan diminta memasukkan pasword saat membukanya. Maka
tampilan document kalian akan tampil seperti pada gambar berikut ini saat kalian mencoba membukanya. Terdapat tulisan "Enter password to open file" yang artinya masukkan password untuk membuka file.
Demikianlah postingan artikel pada kesempatan kali ini mengenai cara mudah memberi password pada microsoft word. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Sekian dan terimakasih atas kunjungan anda.
Artikel menarik lainnya :
Artikel menarik lainnya :