Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyembunyikan File Rahasia Kedalam Musik / Lagu

Bagi kalian pengguna windows dan kalian yang memiliki file-file rahasia dalam artian file tersebut tidak ingin diketahui oleh orang lain. Maka kalian bisa saja menyembunyikan file tersebut kedalam sebuah musik atau lagu, dimana nantinya orang lain yang menggunakan perangkat komputer kalian tidak akan tahu dan tak akan menduga jika file musik tersebut terdapat file rahasia yang tersembunyi, dan bahkan disamping kalian menyembunyikan kedalam file musik atau lagu kalian juga dapat memberikan suatu password agar file yang kalian sembunyikan semakin lebih aman lagi. Terkesan begitu keren dan menarik bukan?.

Untuk mengamankan file kalian dengan cara menyembunyikannya kedalam musik atau lagu, maka kalian dapat melakukannya dengan menggunakan bantuan sebuah aplikasi atau software yang bernama Deepsound. Aplikasinya sendiri cukup mudah untuk digunakan, dan dalam segi performanya aplikasi ini juga tergolong ringan alias tidak berat saat dijalankan pada komputer dengan spesifikasi rendah.

Baca juga :



Istilah menyembunyikan file di dalam lagu atau musik, beberapa orang menyebutnya dengan istilah Steganografi. Dimana steganografi ini adalah teknik menyembunyikan suatu pesan dengan suatu cara sehingga hanya pengirim dan penerima saja yang tahu apa isi nya. Media yang sering digunakan adalah seperti gambar, file audio dan lain sebagainya. Sifatnya digital jadi orang-orang jarang yang tahu dan hanya komputerlah yang bisa membacanya.

Oke untuk langkah-langkah cara menyembunyikan file ke dalam lagu atau musik maka silahkan ikuti dibawah ini.

Cara menyembunyikan file rahasia kedalam musik atau lagu :


  • Pertama-tama silahkan kalian download aplikasi atau software bernama Deepsound.
  • Jika sudah kalian download dan install, maka silahkan langsung buka saja aplikasi deepsoundnya tersebut.
  • Selanjutnya bisa kalian klik pada opsi open carrier dimana kalian harus memilih musik yang ingin kalian gunakan sebagai wadah atau tempat dimana untuk meletakkan file yang nantinya akan di simpan atau disembunyikan di sini.
Cara Menyembunyikan File Rahasia Kedalam Musik / Lagu


  • Jika sudah silahkan klik file secret, pilih file rahasia yang ingin kalian simpan, bisa foto atau file dokumen lainnya. Dan untuk ukuran maksimal file yang bisa ditampung kalian dapat melihatnya pada tulisan free space for secret files.
cara untuk menyembunyikan file kedalam file musik atau lagu


  • Dan untuk memulai menyembunyikan file silahkan kalian mulai dengan menekan encode secret files. Untuk opsi ini kalian dapat merubah kualitas musiknya mulai dari low, medium, dan high.
  • Langkah selanjutnya kalian dapat mengubah output dari hasil encode file tadi. Kalian dapat memilih file nya menjadi file wav atau lainnya, dapat meng-enkripsi file dengan menambahkan password, dan dapat merubah output penyimpanan directory file.
cara menyembunyikan file rahasia di file audio

  • Dan jika sudah selesai semua yaitu tinggal pilih encode secret files seperti pada gambar yang ada dibawah ini.
cara menyembunyikan file rahasia dikomputer ke dalam file musik/lagu

  • Selesai. File rahasia kalian yang berada dalam musik atau lagu akan tersimpan pada directory penyimpanan kalian.

Untuk membuka atau mengekstrak file rahasia di dalam musik atau lagu :


  • Langkah pertama yaitu buka aplikasi deepsound.
  • Dan kemudian pilih open carrier files. Buka dan pilih file musik yang ingin kalian ekstrak pada lokasi penyimpnan kalian.
  • Selanjutnya kalian masukkan password untuk membuka file nya. Untuk tampilannya kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini.
cara mengamankan file rahasia ke dalam sebuah musik atau lagu

  • Jika sudah maka kemudian kalian klik pada ekstrak secret files. Untuk lebih jelasnya maka alangkah baiknya melihat pada gambar dibawah ini.
cara membuka file yang telah disembunyikan dalam sebuah musik atau lagu


Demikianlah postingan artikel pada kali ini tentang cara menyembunyikan file ke dalam sebuah musik atau lagu. Bagaimana sangat mudah bukan?. Cara ini terbukti aman untuk menyembunyikan file yang memang sifatnya rahasia. Dan kalian dapat mengirimkan file rahasia kepada seseorang tanpa takut orang lain mengetahuinya.

Akhir kata semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman atau kerabat kalian yang lain agar tentunya mereka juga dapat mengetahuinya juga. Terimakasih dan sampai jumpa kembali dipostingan artikel selanjutnya.