Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HP android terlalu panas? Berikut Ini Cara Untuk Mendinginkannya

Cara mengatasi android yang mengalami panas berlebihan saat digunakan - Hal yang bisa membuat kita geleng-geleng kepala saat kita sedang menggunakan smartphone adalah apabila smartphone tersebut terasa panas yang berlebihan atau bisa juga dikatakan overheat. Kejadian seperti ini tentunya akan membuat kita merasa tak nyaman saat sedang menggunakannya. Biasanya apabila hal seperti itu terjadi maka dapat menjadikan baterai smartphone kita menjadi lebih boros. Dan terlebih lagi jika panas yang terlalu tinggi kemungkinan bisa berakibat fatal terhadap kinerja ponsel.


Jika kalian pernah mengalami kejadian dimana smartphone yang kalian gunakan mengalami panas yang berlebihan. Biasanya hal tersebut disebabkan bisa karena aplikasi ataupun karena situasi atau kondisi yang memang tidak dianjurkan. Nah, Jika smartphone sering terasa panas saat digunakan maka untuk mengetahui cara mendinginkan smartphone merupakan suatu keharusan bagi penggunanya.

Dan sebelum mengatasi smartphone yang terasa panas saat digunakan, maka langkah awal yang harus kita ketahui adalah dari mana datangnya panas yang ditimbulkan oleh smartphone tersebut. Maka setelah mengetahui penyebab panas pada smartphone tersebut, hal ini akan menentukan dimana saja letak permasalahan yang timbul sehingga akan membantu kita dalam menemukan solusi yang tepat untuk menanganinya.

Dan untungnya pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips untuk mengatasi smartphone android yang terlalu panas. Dengan adanya tips kali ini mungkin akan bermanfaat bagi kalian agar smartphone tidak cepat panas. Dan berikut ini ulasannya untuk anda.

Baca juga :




1. Jangan menggunakan charger dan kabel pihak ketiga

tips untuk mengatasi smartphone android yang terlalu panas

Biasanya saat sedang tidak membawa charger yang ori yang digunakan untuk mengecas smartphone, maka kebanyakan pengguna akan mengecas tanpa memperhatikan kabel charger yang digunakannya. Dan biasanya mengecas smartphone dengan menggunakan kabel charger mikro usb yang biasa digunakan bersama-sama, adalah cara alternatif yang biasa dilakukan demi agar baterai smartphone dapat terisi dan tidak lowbat. Nah, jika smartphone kalian mudah cepat panas maka kemungkinan hal tersebut terjadi karena hal seperti ini.

Setiap pengisi daya memiliki watt yang berbeda-beda dan dioptimalkan untuk digunakan dengan ponsel yang berbeda-beda pula. Kalian tentunya bisa memperhatikan hal ini supaya smartphone kalian tidak cepat panas dan juga menghindari kinerja yang buruk terhadap ponsel kalian.


2. Gunakan cooler master


aplikasi yang digunakan agar hp android tidak panas berlebihan

Salah satu aplikasi yang mampu mengatasi ponsel kalian agar tak cepat panas yaitu dengan menginstall aplikasi yang memiliki fitur cooling down atau pendingin. Seperti pada aplikasi Clean Master dan DU battery Saver.

Biasanya ponsel kalian terasa panas jika ponsel kalian memiliki sejumlah aplikasi yang berjalan pada latar belakang. Sehingga kinerja RAM dan juga Processor akan bekerja secara terus-menerus. Nah, untuk membantu mengurangi panas pada ponsel kalian, maka kalian bisa mengambil tindakan dengan cara memasang aplikasi tersebut. Karena aplikasi tersebut mampu mengolah aplikasi dan menghentikan aplikasi yang berjalan pada latar belakang. Jika aplikasi yang berjalan terkurangi maka panas ponsel pun akan menurun.


3. Simpan smartphone pada tempat yang dingin

Menyimpan smartphone pada tempat yang dingin bukan berarti kalian harus menaruh nya kedalam lemari es atau freezer. Walaupun hanya sebentar saja ide kalian memasukkan ke freezer merupakan suatu tindakan yang salah pasalnya para ahli mengatakan bahwa ide tersebut dapat beresiko buruk terhadap ponsel kalian. Karena hal ini akan menyebabkan mengumpulnya uap air yang dihasilkan dari ponsel yang panas tadi. Sehingga uap air yang dihasilkan akan berpotensi masuk kedalam komponen-kompenen pada perangkat smartphone kalian.

Begitu juga bagi kalian yang sudah mempunyai aplikasi cooler master. Maka jangan seenaknya menaruh ponsel pada tempat yang panas, karena percuma jika kalian menaruh ponsel pada tempat-tempat yang panas dan juga menyerap panas. Seperti pada kasur, karpet busa, dan dibawah sinar matahari langsung, jika ponsel kalian memiliki case seperti karet atau plastik sesekali kalian dapat mencoba untuk melepaskannya, dan biarkan ponsel mengeluarkan panas yang dihasilkan.


4. Perbaharui aplikasi dan buang aplikasi tak terpakai


HP android terlalu panas? Berikut Ini Cara Untuk Mendinginkannya


Usahakan kalian selalu memperbaharui aplikasi-aplikasi yang membutuhkan pembaharuan karena aplikasi tersebut biasanya selalu membawa perbaikan dan hal ini tentunya dapat memperbaiki masalah ponsel yang terlalu panas. Kalian dapat melihat dan mengelola daftar aplikasi dimana aplikasi yang tak digunakan lagi dalam waktu lama. Karena dengan membuang aplikasi yang tak terpakai terbukti mengurangi panas yang dihasilkan oleh ponsel. kalian bisa memilih aplikasi yang terbaik yang bisa kalian gunakan di smartphone kalian. Dan sekarang ini banyak sekali aplikasi bermanfaat yang bisa kalian cari dan unduh melalui aplikasi google playstore.

Nah, itulah beberapa cara mendinginkan ponsel, dan mengapa ada hal hal tertentu yang harus kita hindari jika kita ingin ponsel kita tetap bekerja dengan baik. Jika kalian ingin mencegah ponsel kalian dari overheat, maka sebaiknya kalian harus :

  • keluarkan dan periksa baterai ponsel pastikan baterai ponsel kalian masih bagus, tidak bocor, maupun tidak kembung. Dengan mengganti baterai setiap satu atau dua tahun merupakan cara terbaik untuk meningkatkan umur ponsel dan juga menjaga ponsel tidak mengalami panas berlebih.
  • Melepaskan casing atau pelindung ponsel saat melakukan pengisian baterai.
  • Nonaktifkan fitur-fitur aplikasi yang tidak diinginkan.
  • Mencoba tidak bermain game terlalu lama.
  • Jangan gunakan smartphone saat sedang di cas. 




Dan itulah beberapa tips yang bisakalian coba untuk mengurangi panas pada ponsel kalian. Semoga artikel ini dapat bermanfat bagi kalian. Dan jangan lupa untuk share ke teman kalian yang lain mengenai tips kali ini agar mereka juga dapat mengetahuinya juga. Terimakasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di postingan artikel selanjutnya.