Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ubah Penyimpanan Video Youtube Offline ke Memory Eksternal

Youtube merupakan media hiburan yang sangat populer. Semakin hari youtube terus mengalami kemajuan dengan menghadirkan berbagai fitur-fitur terbarunya. Fungsi youtube juga sudah dianggap melebihi TV karena dari situs youtube kita dapat mencari beragam sumber informasi, berita, musik, hiburan dan lain sebagainya. Menonton video ataupun film di youtube memang begitu menyenangkan, namun tidak sedikit kuota internet yang harus kita keluarkan untuk melihat video secara streaming di youtube. Dan untuk menghemat kuota internet tersebut, saat ini para pengguna youtube bisa memanfaatkan adanya fitur offline yang sudah disediakan oleh aplikasi youtube ini. Fitur offline pada aplikasi youtube memungkinkan kita untuk menonton video atau film di kemudian hari saat tidak terhubung dengan koneksi internet. Dengan fitur tersebut banyak video yang dapat kita simpan secara offline sehingga kapan pun kita ingin memutar video tersebut kita dapat memutarnya tanpa harus terkoneksi melalui internet. Dan tentunya hal ini bisa menghemat pemakaian kuota internet kita. Namun untuk memutar video tersebut secara offline pastinya sebelumnya kita harus mendownload video tersebut kemudian menyimpannya secara offline. Dan jangan khawatir ukuran file yang didownload secara offline lebih kecil atau tidak sebesar dari video yang aslinya. 

Baca juga Cara Dapatkan Link Video Youtube Melalui Android Dengan Mudah


Dari semua yang dijelaskan diatas masih ada satu hal yang menjadi kendala yaitu jika kita terlalu banyak menyimpan video maka memory internal kita akan cepat penuh sehingga kinerja ponsel kita akan menjadi lambat karena secara default penyimpanan video offline akan terletak pada penyimpanan internal yaitu pada direktory internal storage/android/data/com.google.android/youtube/files/offline. Maka pengguna sering mengalami kehabisan ruang penyimpanan saat menyimpan video ke offline. Dan tak jarang dari sekian banyak pengguna lebih memilih untuk menonton video atau film secara streaming. Maka untuk mengatasi hal itu kita dapat memindahkan semua video yang akan kita simpan tersebut pada memory eksternal. Dengan tujuan agar memory penyimpanan internal di smartphone bisa tetap lega. Dan inilah langkah-langkah untuk menyimpan video offline pada youtube ke memory eksternal atau SD card:


  1. Buka Aplikasi youtube, dan pastikan menggunakan versi terbaru.
  2. Klik menu 3 titik yang berada disebelah kanan atas.
  3. Kemudian pilih menu setelan.
  4. Jika sudah, kemudian pilih menu Offline.
  5. Kemudian aktifkan  opsi Gunakan kartu SD.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara mengubah penyimpanan offline youtube ke SD card

Setelah selesai melakukan langkah-langkah seperti pada ulasan diatas, maka video offline youtube akan tersimpan pada penyimpanan eksternal atau kartu SD. 

itulah beberapa langkah cara mengubah penyimpanan video offline pada youtube ke memory eksternal atau kartu memori, sehingga sekarang kalian tak perlu khawatir lagi kehabisan ruang penyimpanan pada memory internal.
Dan mungkin itu saja postingan artikel pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya dan selamat mencoba.


Artikel menarik lainnya :