Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menonaktifkan Video Autoplay Pada Aplikasi Facebook

Cara Menonaktifkan Video Autoplay Pada Aplikasi Facebook - Aplikasi facebook adalah aplikasi jejaring sosial yang sangat penting dan juga sangat populer didunia. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai teman-teman kamu dikapanpun dan dimanapun. Selain itu kamu masih bisa melihat profil seseorang, meninggalkan komentar, mengirimkan gambar, mengunduh gambar dan masih banyak fitur lainnya. Namun kali ini dari sekian banyak fitur yang dimiliki facebook, saya akan memberikan tips mengenai salah satu fitur yang belum lama ini diluncurkan oleh salah satu aplikasi yang sangat populer ini.


Dan dimulai dari bulan yang lalu begitu saya membuka aplikasi facebook, begitu scrolling beranda begitu banyak status, news, foto, video dari ratusan kiriman yang dibagikan oleh teman-teman facebook, namun kali ini video yang saya lihat nampak memiliki fitur yang baru. Jadi setiap melewati video dan kita berhenti pada video itu maka otomatis video yang sedang kita lihat akan berjalan dengan sendirinya tanpa kita harus mengeklik terlebih dahulu.

Dan ternyata setelah saya mencari informasi mengenai hal tersebut, saya baru menyadari bahwa belum lama ini aplikasi facebook meluncurkan salah satu fitur yang mendukung videonya. Dan fitur tersebut adalah autoplay video. Jadi jika fitur ini aktif maka secara otomatis video yang kita lihat saat itu juga akan berjalan secara otomatis tanpa kita harus melakukan klik terlebih dahulu.

Fitur ini mempunyai keuntungan yang cukup besar terhadap mereka yang mengupload video, jadi mereka bisa mendapatkan jumlah viewer yang cukup banyak karena fitur autoplay ini, namun jika kalau dilihat dari segi kekurangannya, fitur autoplay bagi kita yang dikategorikan sebagai pengguna pasti akan mengalami sedikit keborosan kuota internet mengingat lalu lintas data yang tersedot dari video yang otomatis berjalan ini walaupun kita sebagai pengguna tidak ada niatan buat menonton itu video.

Memang secara default jika kalian saat ini mengunduh atau melakukan pembaharuan aplikasi facebook otomatis autoplay akan aktif dengan sendirinya. Namun tenang saja disini facebook membuat pilihan bagi para penggunanya, jadi bagi para pengguna diberi pilihan atau kebebasan dalam mengaktifkan fitur autoplay ini.

Baca juga : Agar Facebook Tidak Di Hack Beginilah Solusinya



Dan inilah beberapa langkah yang perlu kita ketahui untuk menonaktifkan fitur autoplay pada aplikasi facebook.

Langkah-langkahnya :

Buka aplikasi facebook kemudian login. Selanjutnya pilih menu yang paling kanan. Kemudian pilih setelan aplikasi. Seperti pada gambar screenshot dibawah ini.

pengaturan aplikasi


Setelah mengeklik pengaturan aplikasi, langkah selanjutnya adalah pilih menu putar otomatis. Lihat gambar screenshot dibawah ini.

putar otomatis


Nah selanjutnya pada menu putar otomatis kamu diberi 3 opsi pilihan :

1. Dikoneksi data sesular dan koneksi wifi : video kamu disetting autoplay jika kalian sedang menggunakan data selular maupun berada di jaringan wifi.                                                                    
2. Dikoneksi wifi saja  : maksudnya video dalam facebook akan diputar secara otomatis jika kamu berada dalam jaringan wifi.

3. Jangan pernah putar video otomatis : pada opsi inilah jika kamu ingin menonaktifkan  video autoplay. Jadi video yang ingin kamu tonton akan terputar jika kamu klik dahulu dan tentunya video tersebut tidak akan terputar secara otomatis.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.




pilihan kapan video diputar otomatis


Bagaimana sangat mudah bukan cara nonaktifkan video autoplay nya. Cara menonaktifkan ini adalah salah satu cara dan juga merupakan suatu keuntungan buat kamu agar kuota internet kamu bisa irit.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga apa yang disampaikan dapat membantu dan bermanfaat dan jangan lupa buat sobat semua jika menginginkan teman-teman kamu tidak ketinggalan berita ini share dan bagikan artikel ini. Sekian dan selamat mencoba.