Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah dan Cepat Membuka File Berformat Iso

File berformat iso - Pernahkah anda menjumpai file berformat iso? iso merupakan singkatan yang diambil dari kata International Organization of Standardization. Dan bagaimana cara membuka file dengan format tersebut? Jika kalian bingung saat membuka maupun mengistall file yang berformat iso maka alangkah baiknya kalian simak baik-baik ulasan tutorial dibawah ini sampai selesai.

File iso atau disebut juga dengan image disk merupakan jenis format file yang menggabungkan beberapa file atau mengkompres menjadi satu wadah yang disebut dengan iso. Tujuan dibuatnya file berformat iso adalah untuk mempermudah dalam mengakses penyimpanan data. Biasanya file ini sering kita temui saat menginsal beberapa software maupun games dengan kapasitas yang besar.

File berformat iso ini, sebenarnya mirip dengan file seperti .zip, .rar karena didalamnya terdapat beberapa bagian file komputer. Namun demikian untuk membuka file berformat .zip ataupun .rar perlu diextract terlebih dahulu namun lain dengan file berformat .iso jika kalian ingin membuka file dengan format iso ini, siapkan salah satu software saja. Pada mesin pencari seperti di google banyak sekali software yang dapat membuka jenis file iso ini, contohnya Power iso, Ultra Iso, magic iso, Daemon Tools, cd burner xp, iso workshop dan lain sebagainya. Namun pada kesempatan kali ini yang akan saya bahas yaitu dengan menggunakan Daemon Tools karena saya anggap sangat mudah dan cepat.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya untuk membuka file iso :
  • Langkah pertama siapkan terlebih dahulu software daemon tools dan buka.
  • Langkah selanjutnya setelah daemon tools terbuka, klik menu file-Add Images-kemudian pilih jenis file iso yang ingin kalian buka. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Cara buka File dengan format Iso


  • Setelah jenis file iso nya muncul dan terbaca, jalankan iso nya dengan mengeklik ikon Mount. Seperti pada gambar dibawah ini.


mount



  • Setelah kalian mengeklik Mount, maka file iso ini akan muncul layaknya DVD ROM (terbuka pada virtual driver) kalian bisa langsung install saja file yang sudah terbuka pada driver virtual iso nya.



virtual driver



  • Nah selain daripada itu jika kalian saat start up tidak ingin virtual driver nya otomatis muncul lagi, kalian bisa eject pada bagian virtual drivernya.


eject


Bagaimana sangat mudah bukan cara membuka file dengan format iso? nah, mungkin sekian dulu ya postingan pada kesempatan kali ini mengenai cara mudah dan cepat membuka file berformat iso. Semoga dapat menambah pengetahuan yang dapat bermanfaat ini bagi para pembaca dan selamat mencoba.
Sekian dan terimakasih.

Lanjut Baca :