Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Mengatur Suara/Audio Pada Adobe Premiere Pro CC

Cara Mengatur Suara atau Audio Pada Adobe Premiere Pro CC - Aplikasi Adobe Premiere Pro CC merupakan sebuah aplikasi yang populer saat ini untuk mengolah atau mengedit video, terutama untuk kalangan profesional. Banyak perusahaan perfilman dan juga pertelevisian yang menggunakan program pengolah video dengan aplikasi ini.

Dalam menggunakan aplikasi adobe premiere pro juga tidak sembarang komputer dapat menjalankannya. Karena untuk bisa menjalankannya komputer tersebut haruslah memenuhi spesifikasi untuk aplikasi edit video ini.

Dalam mengedit video pastinya tidak bisa lepas dengan yang namanya suara atau audio. Suara atau audio dalam sebuah video atau film merupakan faktor yang sangat penting dan berpengaruh besar terhadap hasil yang baik dalam pembuatan video atau film. Selain itu suara atau audio mampu mempengaruhi emosi bagi para penontonnya dan juga dapat mengiringi kegiatan yang terdapat di dalam sebuah video atau film. Maka dari itu penting untuk mendapatkan hasil suara atau audio yang bagus dalam sebuah film atau video.

Maka dari itu bagi kalian yang mungkin baru mengenal adobe premiere pro cc, dan barang kali mengalami kesulitan saat mengatur audio atau suara. Maka disini Saya akan berbagi cara untuk mengatur suara atau audio saat sedang mengedit video menggunakan aplikasi adobe premiere pro cc. Lalu bagaimana cara mengatur audio atau suara dengan aplikasi adobe premiere pro cc?. Dan berikut ini ulasannya untuk kalian.

Baca juga - 3 aplikasi editing video terbaik untuk android, terbaru tahun ini.

2 cara mengatur besar kecilnya audio atau suara di aplikasi adobe premiere pro cc :


1. menggunakan audio gain
  • Langkah pertama yaitu buka adobe premiere pro cc kalian.
  • Pastikan kalian menempatkan video pada timeline. Selanjutnya kalian pilih atau klik pada audio. Seperti pada gambar yang ada di bawah ini.
Cara Mengatur Suara atau Audio Pada Adobe Premiere Pro CC

  • Kemudian jika sudah lalu klik kanan pada audio, dan lanjutkan dengan mengeklik audio gain. Untuk lebih jelasnya mengenai langkah ini bisa kalian lihat pada gambar yang ada dibawah ini.
cara setting audio pada aplikasi adobe premiere pro menggunakan audio gain

  • Selanjutnya ubah lah besaran pada dB (desibel). Perlu kalian ketahui juga bahwa dB adalah satuan yang digunakan untuk mengukur intensitas suara. Jika semakin tinggi db maka akan semakin keras juga suara yang dihasilkan. Nah, kemudian jika sudah lalu klik OK.
cara memperbesar dan memperkecil suara di adobe premiere pro cc



2. Menggunakan keyframe pada timeline
  • Buka adobe premiere pro cc kalian.
  • Setelah itu klik audio pada time line, dan kemudian tarik kebawah sudut frame pada audio. Untuk lebih jelasnya mengenai cara ini maka lihat gambar dibawah ini.
cara atur audio atau suara di adobe premiere pro menggunakan keyframe di timeline

  • Dan setelah itu maka audio akan terbagi menjadi 2 atau audio akan terlihat keyframe nya. Selanjutnya silahkan atur suara dengan drag garis diantara keyframe ke atas atau kebawah. Jika keatas maka dB nya akan naik. Sehingga suara yang dihasilkan akan tinggi juga. Lihat gambar yang ada di bawah ini untuk lebih jelasnya.
mengedit suara/audio di video dengan menggunakan adobe premiere pro cc


Oke itulah tadi 2 cara untukmengatur suara/audio pada adobe premiere pro cc. Semoga cara diatas dapat bermanfaat dan dapat dengan mudah kalian pahami. Terimakasih dan selamat mencobanya.