Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Penyebab Aplikasi Android Tiba-Tiba Berhenti/Force Close Dan Cara mengatasinya

Inilah Penyebab Aplikasi Di Android Tiba-Tiba Berhenti/Force Close Dan Cara Mengatasinya - Bagi kalian pengguna android pastinya pernah mengalami masalah terhadap aplikasi atau game di android yang sering keluar sendiri atau tiba-tiba berhenti. Dan biasanya jika hal itu terjadi maka akan muncul sebuah notifikasi seperti ini "Sayangnya Aplikasi telah Berhenti" pasti kalian akan merasa kesal dan jengkel bukan mengalami hal yang seperti itu?. Sekali atau dua kali saja mungkin tidaklah menjadi masalah. Namun bayangkan saja jika aplikasi di android sering tiba-tiba keluar sendiri. Tentunya Kalian akan mencoba mencari apa penyebab dan solusi untuk mengatasi aplikasi yang sering keluar sendiri atau force close.

Inilah Penyebab Aplikasi Android Tiba-Tiba Berhenti/Force Close Dan Cara mengatasinya

Untung saja pada artikel kali ini akan dibahas apa penyebab aplikasi android berhenti sendiri dan juga bagaimana cara untuk mengatasi aplikasi yang berhenti sendiri. Maka dari itu baca artikelnya sampai habis.

Baca jugaTanda Smartphone Telah Disadap Dan Cara Untuk Mengatasinya

Beberapa penyebab aplikasi android mengalami force close atau menutup dengan sendirinya :


Dalam setiap masalah yang terjadi tentunya ada penyebabnya. Maka dari itu inilah beberapa penyebab aplikasi android sering keluar dengan sendirinya.

  • File Cache penuh
penyebab aplikasi android keluar dengan sendirinya/force close

File cache atau data sementara dari kalian browsing atau menginstall suatu aplikasi jika tidak sering kalian bersihkan maka tentunya akan mengakibatkan aplikasi yang dijalankan menjadi berat atau lemot. Sehingga hal ini akan menimbulkan aplikasi tertutup dengan sendirinya.

Untuk metode penyelesaiannya, kalian bisa menghapus cache aplikasi yang ingin kalian hapus. Dengan cara masuk ke menu pengaturan - manager aplikasi - nama apikasi kemudian pilih hapus cache.

Dengan melakukan cara tersebut tentunya akan lebih efektif karena kita dapat membuang sampah atau tumpukan cache yang tak berguna. 

  • Aplikasi kurang kompatible dengan perangkat
Jenis aplikasi yang tidak cocok atau tidak kompatibel dengan perangkat smartphone kalian juga bisa menjadi penyebab aplikasi menutup dengan sendirinya. Seperti apabila versi android yang kalian gunakan misalnya masih menggunakan versi android lollipop sedangkan aplikasinya hanya mendukung versi android marshmallow maka tentu saja akan menyebabkan aplikasi keluar dengan sendirinya.

  • RAM kecil dan sudah penuh
Jika kalian menggunakan RAM dengan kapasitas kecil alangkah baiknya jangan terlalu banyak mengistall banyak aplikasi karena dengan banyaknya aplikasi yang terinstall ini akan menyebabkan kinerja ponsel menjadi berat sehingga bisa mengakibatkan force close atau keluar dengan sendirinya.

  • Koneksi internet lemot atau lambat
Jangan membuka aplikasi atau game jika kondisi jaringan sedang buruk banget karena percuma, disamping lemot namun juga dapat mengakibatkan aplikasi tidak bisa dibuka atau akan keluar dengan sendirinya karena waktu yang dibutuhkan untuk koneksi habis.  

Cara mengatasi aplikasi yang mengalami force close atau keluar dengan sendirinya :


Jika kalian telah mengetahui apa penyebab aplikasi tiba-tiba berhenti dengan sendirinya. Maka selanjutnya adalah tentang bagaimana cara untuk mengatasinya. Nah untuk menyelesaikan masalah masalah diatas kalian bisa coba melakukan langkah-langkah di bawah ini.

  • update atau lakukan  pembaharuan aplikasi : Tujuannya adalah supaya aplikasi tersebut tidak crash atau rusak yang dapat menimbulkan gagalnya proses pemuatan aplikasi.

cara mengatasi aplikasi keluar dengan sendirinya/force close di android

  • Hapus data Aplikasi : berbeda dengan hapus aplikasi karena dengan hapus data kita hanya kehilangan data sementara aplikasi tersebut seperti cache, history, data basis, bookmark, dan sebagainya.

cara mengatasi aplikasi yang menutup dengan sendirinya

  • Reset smartphone kalian : Cara ini merupakan cara paling akhir jika kalian belum bisa atau masih gagal dalam mengatasi masalah tersebut. Factory resset atau reset pabrik akan berakibat semua data yanag ada pada smartphone kalian akan hilang, dan kondisi ponsel akan kembali seperti awal lagi saat pertama kali kalian beli. Lakukan backup file penting kalian jika ingin melakukam factory reset atau reset data pabrik ini.
solusi mengatasi aplikasi force close/ berhenti secara tiba-tiba

Itulah beberapa cara mengatasi aplikasi android yang sering keluar dengan sendirinya. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian, jika bermanfaat alangkah baiknya juga apabila kalian share artikel ini ke teman kalian yang lain agar mereka juga dapat mengetahuinya juga. Sekian dan terimakasih telah berkunjung.

Lanjutkan membaca artikel lainnya :