Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Widget Whatsapp di Layar utama Android


Cara menambahkan widget whatsapp di layar utama android - Jika kalian menggunakan aplikasi whatsapp sebagai aplikasi chatting utama kalian untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman kerja, teman jauh ataupun teman dekat. Pastinya kalian akan membuka whatsapp setiap hari atau bahkan setiap hitungan menit kalian menggunakan aplikasi whatsapp ini. Entah itu untuk mengirim pesan teks, mengirim gambar, mengirim video, melakukan panggilan video (video call) dan lain-lain. Hal ini tentunya merupakan suatu kebutuhan manusia pada zaman sekarang ini. Berkomunikasi dengan orang lain menggunakan whatsapp menjadi lebih menyenangkan karena terdapat berbagai fitur-fitur menarik yang ada di whatsapp.


Dan jika kalian selama ini sempat merasa kesal karena setiap membalas atau mengirim pesan whatsapp, kalian harus mencari ikon whatsapp terlebih dahulu atau bahkan mencari nama kontak terlebih dahulu, tentunya hal ini akan memakan waktu dan bisa dibilang tidak efisien. Apalagi pada saat kalian sedang terburu-buru karena sesuatu hal yang memungkinkan kalian untuk mengirim atau membalas pesan chat teman whatsapp kalian secara cepat. Nah, kini kalian tidak usah bingung lagi karena ada cara untuk menuju ke chat whatsapp kalian dengan sebuah pintasan atau yang biasa kita sebut degan widget. Dengan adanya widget whatsapp di android ini, memungkinkan kita untuk dapat langsung mengakses sebuah percakapan di whatsapp. Selain itu kita juga dapat menjadikan nama kontak whatsapp menjadi sasaran chat langsung. Sehingga akan memudahkan kita untuk dapat mengakses percakapan di whatsapp secara cepat.

Jadi pada saat kita mengirim dan membalas pesan di whatsapp melalui widget ini kita tidak perlu harus masuk terlebih dahulu ke dalam aplikasi whatsapp. Cukup menarik bukan?. Lalu bagaimana cara untuk menambahkan widget whatsapp di layar utama/home screen di android?. Untuk caranya bisa di bilang sangatlah mudah. Dan pada kesempatan kali ini saya akan menambahkan widget whatsapp di homescreen ponsel android milik saya yaitu Samsung E5. Dan untuk langkah-langkahnya bisa kalian simak ulasan dibawah ini.

Baca juga - Cara menambahkan halaman situs web dengan chrome ke layar utama di android

Cara menambahkan widget whatsapp di layar utama atau homescreen android :


  • Langkah pertama kalian menuju ke homescreen android kalian atau dengan cara menekan tombol home pada smartphone. 
  • Setelah itu tekan dan tahan pada bagian layar utama android yang kosong sampai muncul beberapa menu opsi. Kemudian pilih dan klik widget. Seperti pada gambar screenshot di bawah ini.
Cara menambahkan widget whatsapp di layar utama Android

  • Jika sudah, cari atau gulir sampai menemukan pilihan widget whatsapp. Seperti pada gambar yang ada dibawah ini.
cara menambahkan pintasan whatsapp di android

  • Setelah di klik widget whatsapp tersebut, lalu akan muncul ada 4 pilihan yang bisa kalian ambil dan pilih dari widget whatsapp ini.
cara menambahkan widget whatsapp pada homescreen di android

  • Sebagai contoh saya akan mengambil dua pilihan saja. Misalnya disini saya akan menjadikan kontak istri saya (Cie yang sudah punya istri hehehe) yang dipilih jadi widget pertama dan menjadikan area percakapan atau chatting menjadi widget yang kedua. Dan hasilnya bisa kalian lihat pada gambar screenshot di bawah ini.

cara untuk menambahkan widget whatsapp di layar utama pada android


Oke mungkin itulah cara menambahkan widget whatsapp di layar utama android. Semoga dapat mudah untuk dipahami dan memberikan manfaat bagi kalian walaupun hanya sedikit. Terimakasih dan selamat mencobanya dan semoga berhasil. Sampai jumpa kembali di postingan artikel selanjutnya.

Artikel lainnya :