Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengembalikan Data Yang Terhapus Pada Android, Begini Caranya

Ketika salah menghapus sebuah data atau file di dalam ponsel tentunya akan membuat kita merasa panik bukan? Apalagi jika data atau file yang terhapus tersebut sangat lah penting. Mungkin berbeda halnya kalau seperti musik atau lagu yang terhapus, kamu tidak terlalu merasa panik dan bingung karena Kamu bisa untuk mendownloadnya lagi. Namun jika yang Kamu hapus adalah foto atau video kenangan kamu yang ingin kamu jadikan sebagai koleksi. Tentunya Kamu akan berfikir tentang bagaimana cara agar file atau data yang terhapus dapat kembali lagi.

Jika Kamu menggunakan komputer atau laptop pasti Kamu mengetahui dengan yang namanya Recycle bin. Apa sih itu recycle bin? Recycle bin merupakan suatu tempat atau wadah yang menampung semua file maupun folder setelah Kamu menghapusnya atau juga bisa kita katakan sebagai aplikasi tong sampah. Jadi Kamu tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu Kamu menginginkan file yang telah terlanjur kehapus tersebut dapat kembali lagi, karena dengan adanya recycle bin tersebut Kamu bisa kembalikan file atau data yang terhapus tersebut dengan cara merestore nya. Hal itu biasanya kita lakukan pada sebuah komputer atau laptop. 

Nah jika Kamu menghapus sebuah file atau data didalam smartphone android apakah Kamu masih bisa untuk mengembalikan file atau data tersebut? inilah yang menjadi sebuah pertanyaan dari para pengguna smartphone? Karena tak jarang pengguna smartphone android yang mengalami hal seperti salah hapus file atau data, kehapus karena tidak sengaja kepencet dan lainnya. Ada banyak sekali aplikasi yang tersedia di internet mengenai bagaimana cara mengembalikan file yang sudah terhapus di android. namun yang menjadi point penting adalah bagaimana memilih yang terbaik diantara sekian banyak aplikasi yang ada.

Untuk mengatasi file yang terhapus dan ingin mengembalikannya lagi file tersebut, Kamu bisa menggunakan aplikasi bernama DUMPSTER. Pada aplikasi ini cara kerjanya adalah sama persis dengan Recycle bin yang ada di komputer atau laptop, cara nya pun sangat mudah, sehingga tak takut lagi jika sewaktu-waktu salah menghapus file atau data dan ingin mengembalikannya kembali seperti sebelumnya.

Kamu tidak perlu melakukan rooting smartphone jika ingin menggunakan aplikasi dumpster ini. Selain dapat mengembalikan data backup pada aplikasi ini juga dapat kita setting untuk menjadwalkan agar melakukan pembersihan data-data lama yang sudah terhapus secara otomatis.

Berikut ini cara untuk mengembalikan data atau file yang terhapus di ponsel android dengan menggunakan dumpster:

  • Download terlebih dahulu aplikasi Dumpster melalui google playstore. Kemudian buka aplikasi nya dan berikan izin akses aplikasi tersebut. 

cara mengembalikan data atau file yang terhapus bisa kembali lagi

  • Selanjutnya silahkan Kamu coba untuk menghapus file seperti foto di galery. Sebagai contoh kamu bisa lihat gambar yang ada dibawah ini.
cara agar data yang terhapus di ponsel android bisa dikembalikan lagi

  • Setelah itu coba buka aplikasi dumpster yang sudah Kamu install tadi. Otomatis foto yang sudah Kamu hapus tadi masih ada pada aplikasi ini. Silahkan lakukan restore untuk mengembalikan foto yang terhapus tadi, dengan memilih opsi pulihkan.
mengembalikan data dengan aplikasi dumpster
  • Dan jika Kamu ingin membersihkan semua file yang tersedia di dumpster Kamu bisa dengan mengeklik kosongkan dumpster, maka file atau data tersebut akan terhapus secara permanen. Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini Kamu bisa lihat pada gambar dibawah ini.
aplikasi dumpster untuk mengembalikan data di android yang terhapus


Cara kerja aplikasi dumpster ini mirip sekali seperti recycle bin pada perangkat komputer atau laptop. Untuk mencegah data atau file penting terhapus secara tidak sengaja saya sarankan untuk menggunakan aplikasi dumpster ini pada ponsel android Kamu. Sehingga apabila kehapus data atau file nya kamu bisa mengembalikan data tersebut.

Oke mungkin itulah tadi cara mengembalikan data atau file yang terhapus dengan menggunakan aplikasi dumpster. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. 

Artikel menarik lainnya :