Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TERBARU!! Cara Membuat CCTV Dari Ponsel Android

Cara Membuat CCTV Dari Ponsel Android - CCTV adalah singkatan dari Closed Circuit Television merupakan sebuah kamera video digital yang berfungsi sebagai alat untuk mengirimkan sinyal video dari suatu lokasi tertentu ke sebuah layar monitor. Dan cctv sangat berguna sekali sebagai alat untuk keamanan ataupun untuk mengawasi/memantau suatu lokasi. 

Harga dari cctv itu sendiri terbilang cukup mahal, namun jika hanya ingin iseng-iseng merekam aktivitas atau membuat momen dari teman kamu. misalnya jika kamu ingin mengetahui apa yang temen kamu lakukan disaat kamu tidak ada ataupun hal lainnya. 

Cukup dengan hanya memanfaatkan satu buah smartphone android dan satu buah PC /Laptop. Namun jika kamu tidak mempunyai sebuah komputer bisa juga sih hanya dengan menggunakan 2 buah smartphone android saja.1buat kamera cctv nya dan yang satunya buat perekam/pemantau dari cctv tersebut.

CCTV Android

Bagaimana? menarik bukan? jika tertarik, silahkan simak ulasan artikel cara membuat cctv dari ponsel android sampai bawah ya..

Jadi disamping kamu menyiapkan ponsel android ataupun komputer atau laptop. Kamu harus mendowload sebuah Software tambahan, software yang kita gunakan ini hanya kita pakai pada ponsel yang ingin dijadikan sebagai cctv nya, pada bagian pemantau tidak perlu mendowload software tambahan lagi. Kalian bisa download sebuah aplikasi yang bernama ip webcam, apliksi ini tersedia pada aplikasi playstore. Dan aplikasi Ip webcam ini bukan aplikasi berbayar kok alias gratis.

Selanjutnya jika kamu sudah download aplikasi ip webcam, buka kemudian install seperti aplikasi pada umumnya.


ip webcam



Setelah terinstall lalu buka ip webcam, kemudian seret sampai menu paling bawah cari menu start server seperti pada gambar dibawah ini.

start server


kemudian klik disitu nanti akan ada ip address dari webcam kamu ini. Jadi mohon dicatat atau diingat saja berapa ip address yang terdapat pada menu start server tersebut. Lihatlah ip address didalam kotak bergaris merah pada gambar dibawah ini. 


ip address


Perlu kalian ingat juga syaratnya adalah nyalakan hotspot handphone android kamu.kemudian nyalakan wifi laptop kamu agar terkoneksi dengan smarphonnya. dan jika sudah terhubung dalam satu buah jaringan maka kamu baru bisa melakukan langkah ini.

Kemudian pada PC atau android kamu yang ingin kamu jadikan sebagai pemantau cctv. Silahkan buka browser dan klik nama ip address yang tertera pada start server tadi. Misalnya saya menggunakan contoh ip dengan http://10.72.10.123:8080 kemudian enter. Kalian bisa membuka browser nya bisa melalui google chrome atau dengan mozilla firefox. Bebas itu terserah kamu saja.

Jika sudah masuk  pada ip tersebut nanti kamu akan dialihkan pada menu ip webcam maka kalian bisa mensetting sesuai kebutuhan ataupun keinginan kamu, baik dari display, audio, camera dan record dan masih banyak lagi fitur yang bisa kamu pakai. Kamu bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan kamu sendiri.


setting cctv


Alhasil seperti inilah penampakan cctv dari sebuah ponsel smartphone android. Hasil dari kamera cctv tergantung dari masing-masing spek handphone kamu ya. Semakin fitur handphone kalian bagus maka hasil kamera cctvnya pun juga makin jernih dan jelas. Dan juga jaringan koneksi internet kalian juga harus kuat dan stabil.


hasil cctv




Sekian postingan pada kesempatan kali ini mengenai cara membuat CCTV dari ponsel android. Semoga apa yang dapat saya bagikan ini bisa bermanfaat. Dan apabila ada kekurangan dalam segi penulisan harap dimaafkan. jangan lupa share dan comment dibawah ini. Terima kasih.


Lanjut baca :



  • 4 langkah mudah menonaktifkan sementara akun instagram.
  • Cara melakukan unroot pada ponsel samsung.
  • Cara mengendalikan desktop dengan ponsel android.