Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Masuk Ke Recovery Mode Pada Hp Android

     Cara masuk ke recovery mode pada hp android - Pertama-tama kita harus mengetahui apa itu yang dimaksud dengan recovery mode? Secara singkat recovery berarti pemulihan, pembaruan, atau juga bisa diartikan sebagai reparasi. Recovery mode adalah sebuah sistem menu yang berfungsi untuk digunakan sebagai pemulihan pada perangkat android. Pada smartphone yang memiliki sistem operasi android tidak semuanya dilengkapi recovery mode namun sebagian besar telah dilengkapi dengan recovery mode. Sebelum masuk ke mode recovery pada hp android alangkah baiknya apabila membackup data  anda terlebih dahulu, ini bertujuan agar pada saat terjadi kesalahan atau error maka data-data anda yang ada pada perangkat android tidak hilang/terhapus.


Berikut ini adalah langkah-langkah untuk masuk ke recovery mode yaitu antara lain :
  1. Pastikan baterai hp android anda mencukupi.
  2. Matikan hp android anda. Karena apabila hp android tidak dalam keadaan mati, tidak akan dapat masuk ke recovery mode. Jadi pastikan hp android benar-benar dalam keadaan mati.
  3. Tekan tombol power, volume atas, dan home secara bersamaan.tunggu beberapa saat lalu akan muncul tampilan  seperti gambar dibawah ini.
Cara Masuk Ke Recovery Mode Pada Hp Android Samsung

gambar tampilan pada recovery mode pada hp android samsung

      Jika dalam hp android anda telah muncul tampilan seperti gambar screenshot di atas berarti anda berhasil masuk ke dalam recovery mode. Cara mengoperasikan pada recovery mode sangatlah simpel dan mudah anda hanya perlu menekan tombol power, volume atas (+) dan volume bawah (-). Cara untuk berpindah/bergulir ke bawah yaitu dengan menekan tombol volume bawah (-) dan untuk berpindah/bergulir ke atas yaitu dengan menekan tombol volume atas (+) dan jika ingin memilih opsi atau pilihan yaitu dengan menekan tombol power. Dan jika anda menemui tulisan (../) tanpa tanda kurung itu adalah untuk kembali ke menu sebelumnya.


  Baca juga :



     Pada penjelasan selanjutnya saya akan menjelaskan fungsi menu-menu yang terdapat pada recovery mode. Terdapat beberapa fitur menu yaitu antara lain sebagai berikut :
  • reboot system now yaitu berfungsi untuk reboot perangkat android.Jika anda menekan tombol power pada reboot android now, maka secara otomatis perangkat android akan merestart ulang sebagaimana saat anda menghidupkan perangkat android anda dengan hanya menekan tombol power.
  • apply update from ADB yaitu berfungsi untuk menginstal atau memasang file dari ADB. Pengertian dari ADB itu sendiri adalah singkatan dari Android Debug Bridge dan merupakan media komunikasi antara komputer dengan perangkat android. 
  • wipe data/factory reset yaitu berfungsi untuk mereset data atau mengembalikan perangkat android  seperti sedia kala sesuai setelan pabrik.
  • wipe cache partition yaitu berfungsi untuk membersihkan file cache pada perangkat android. Cache itu sendiri adalah tempat penyimpanan file/data yang sifatnya sementara.
  • apply update from external storage yaitu berfungsi untuk memasang atau menginstal data dari memory sd card atau penyimpanan eksternal. Biasanya digunakan untuk flashing perangkat android.
  • apply update from cache yaitu berfungsi untuk memasang atau menginstal data dari cache.
Sedikit mengulas mengenai manfaat adanya recovery mode yaitu antara lain :

  1. Dengan adanya recovery mode kita bisa melakukan root hp android kita.
  2. Dapat untuk menghapus data cache/data yang sifatnya sementara.
  3. Kita juga dapat melakukan flashing apabila hp android kita mengalami bootloop (yaitu keadaan dimana hp android kita hanya dapat menyala sampai muncul logonya saja).
  4. Mengembalikan hp android ke setelan pabrik dan lain sebagainya.

Cukup sekian postingan pada kali ini mengenai cara masuk ke recovery mode pada hp android semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan.
Sampai jumpa kembali pada postingan pejuang muda selanjutnya, terimaksih.