Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanda Smartphone Telah Disadap Dan Cara Untuk Mengatasinya

Saat ini dengan seiring berkembangnya teknologi, penyadapan terhadap smartphone memang harus kita diwaspadai. Karena selain sebagai media untuk berkomunikasi, smartphone juga bisa digunakan untuk menyimpan informasi atau data-data yang bersifat pribadi. Oleh karena itu jangan sampai data-data pribadi atau hal yang memang bersifat rahasia diketahui oleh orang lain dan juga dimanfaatkan dengan tujuan yang tidak baik. Karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyadap ponsel, bahkan dengan menggunakan aplikasi android saja seseorang dapat melakukan penyadapan. Jika kalian khawatir akan adanya penyadapan terhadap ponsel, maka kalian perlu mengetahui apa tanda-tanda ponsel atau smartphone jika telah disadap. Dan jika telah mengetahui tanda-tandanya maka selanjutnya kalian juga harus mengetahui cara mengatasi ponsel atau hp yang disadap tersebut.

Jika dilihat dari mode penyadapan ada 2 macam penyadapan, dimana tujuannya sama-sama untuk mendapatkan seluruh informasi yang kita miliki :

  • Yang pertama yaitu dengan menggunakan alat khusus yang berteknologi canggih. Dan biasanya cara ini dilakukan oleh orang, pemerintahan atau aparat yang berwenang.
  • Dan yang kedua ada juga cara penyadapan dengan menanamkan sebuah aplikasi ke dalam handphone korban. Hal ini bisa juga dilakukan mengingat banyak aplikasi di internet yang mampu untuk melakukan penyadapan. 

Mengenal tanda-tanda bahwa ponsel disadap dan cara mengatasinya :


1. Handphone terasa panas dan baterai boros

Jika ponsel kita disadap tentunya terdapat tanda-tanda atau terdapat hal-hal yang memang kita curigai terlebih dahulu. Seperti jika handphone kalian sedang dalam keadaan tidak digunakan atau dalam keadaan standby namun tiba-tiba smartphone kita akan terasa panas. Karena perlu kita ketahui bahwa sistem kerja penyadapannya yaitu dengan menggunakan koneksi internet dengan mengirim dan menerima data ke korban.

2. Lakukan pengecekan terhadap aplikasi

Jika kalian menemukan hal yang mencurigakan pada ponsel maka kalian lakukan pengecekan dengan masuk ke menu pengaturan kemudian masuk ke aplikasi yang di download atau di unduh. Kalian tentunya bisa mengingat-ingat aplikasi yang pernah kalian install dan mewaspadai jika ada aplikasi yang mencurigakan. Jika ada sebuah aplikasi mencurigakan bisa saja kalian telah disadap oleh orang lain. Sebagai contoh lihat pada gambar screenshot dibawah ini.

mengenal tanda smartphone telah disadap dan cara mengatasinya


Jika menurut kalian aplikasi seperti diatas kalian curigai dan menganggap kalian belum pernah menginstallnya maka kita perlu memeriksa kembali ke langkah selanjutnya yaitu masuk ke menu pengaturan kemudian dilanjutkan ke menu keamanan - administrator perangkat.


Cara untuk mengetahui apakah ponsel sedang disadap


Jika dilihat dari gambar diatas, terdapat 2 sistem aplikasi yang muncul yaitu: temukan perangkat saya dan juga system update service. Untuk temukan perangkat saya merupakan aplikasi resmi milik google yang dapat kita manfaatkan itu jika sewaktu-waktu ponsel kita hilang, jadi kita bisa menemukannya dengan mengaktifkan ceklis pada pilihan temukan perangkat saya.


Namun untuk yang system update service seperti pada gambar diatas jika kalian benar tidak pernah mengizinkan aplikasi ini untuk mengakses data kalian, sudah dipastikan kalian sedang di sadap.
kalian bisa menonaktifkan aplikasi ini dengan menghilangkan tanda ceklis.

cara memberhentikan aktifitas penyadapan


Selanjutnya kalian bisa kembali masuk ke menu pengaturan - aplikasi - dan pilih aplikasi system update service kemudian hapus data dan copot pemasangan.

tanda Hp sedang di sadap dan cara untuk atasinya


Oke mungkin itulah yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini tentang tanda smartphone disadap dan juga cara mengatasinya. Jika kalian merasa bahwa artikel ini bermanfaat untuk kalian maka alangkah baiknya juga untuk dishare keteman-teman kalian yang lain agar mereka juga dapat mengetahuinya. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.