Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Setting Laptop Agar Tidak Mati Saat Layar Ditutup

Bagi para pengguna laptop pasti pernah mengalami yang namanya menutup layar laptop dan kondisi saat layar ditutup pasti akan mati atau sleep. Karena secara default settingan pada laptop saat ditutup adalah menggunakan mode sleep. Mungkin bagi sebagian orang jika laptop dalam keadaan mode sleep dianggap kurang efektif. Karena beberapa alasan diantaranya, pasti saat kalian membuka kembali layar laptop akan membuat proses start up atau booting membutuhkan waktu yang cukup lama atau tidak sebentar. Hal ini biasanya dialami oleh seseorang dengan tipikal yang selalu terburu-buru.

Sebernarnya jika disinggung dari segi baterai mode sleep ini justru akan lebih menghemat baterai. Namun jika dirasa menurut kalian hal ini sedikit menggangu dengan alasan agar beberapa tugas yang sifatnya mendesak ingin dikerjakan karena belum selesai. Nah cara untuk mengatasi agar laptop tidak mati ketika ditutup caranya pun sangat mudah hanya perlu beberapa langkah saja untuk mengaturnya.

Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Langkah pertama klik kanan pada simbol baterai pada sebelah kanan bawah kemudian pilih power option. Seperti pada gambar dibawah ini.
Cara Setting Laptop Agar Tidak Mati Saat Layar Ditutup


  • Setelah itu pilih chose what closing the lid does.
cara untuk mengatasi agar laptop tidak mati ketika ditutup

  • Selanjutnya ubah mode  sleep menjadi Do nothing pada menu on battery, jika pada menu plugged in ini ditujukan apabila sedang tidak menggunakan baterai atau saat kalian mengecas nya. Atau untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini.

  • Jika sudah kalian ubah maka tinggal pilih save changes.
laptop tidak akan mati atau dalam keadaan sleep meski layarnya kalian tutup

Setelah itu coba tutup laptop kalian untuk mengecek apakah laptop mati atau tidak saat dalam keadaan layar ditutup. Dan alhasil seharusnya laptop tidak akan mati atau dalam keadaan sleep meski layarnya kalian tutup. Sehingga kalian dapat menggunakan kapan pun tanpa harus menghidupkannya terlebih dahulu. 

Demikianlah postingan pada kesempatan kali ini tentang cara setting laptop agar tidak mati saat layar ditutup. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.


Artikel lainnya :